Evaluasi Mutu Tenaga Pendidik: Implementasi, Tantangan dan Solusi Dalam Manajemen Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Riska Okty Shakilla IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9308

Keywords:

Evaluasi, Mutu Pendidikan, Implementasi, Tantangan dan Solusi

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi mutu tenaga pendidik di Indonesia dengan fokus pada implementasi, tantangan, dan solusi dalam manajemen pendidikan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis literatur yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa evaluasi mutu tenaga pendidik dilaksanakan melalui mekanisme Penilaian Kinerja Guru (PKG), Sertifikasi Guru, dan Akreditasi Sekolah. Meskipun berbagai program telah dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas guru, implementasi evaluasi mutu masih menghadapi tantangan signifikan seperti keterbatasan sumber daya, keseragaman standar dan mekanisme evaluasi, beban kerja guru yang tinggi, dan kurangnya budaya evaluasi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diusulkan peningkatan alokasi anggaran dan dukungan infrastruktur, standarisasi nasional mekanisme evaluasi guru, penataan beban kerja guru, dan peningkatan sosialisasi serta edukasi tentang pentingnya evaluasi. Membangun sistem penghargaan dan insentif untuk hasil evaluasi juga diusulkan untuk menciptakan budaya evaluasi yang kuat dan berkelanjutan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pembuat kebijakan, pemimpin sekolah, dan pendidik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Riska Okty Shakilla, IAIN Palangka Raya

References

A. Aly, F. (2023). Education & Professional Development. Egyptian Journal of Nursing and Health Sciences, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.21608/ejnhs.2023.292136

Abnisa, A. P., & Zubaidi, Z. (2022). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 6–16. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.158

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023

Al-faruq, Z. (2023). PERAN PENGGUNAAN DESAIN EVALUASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587

Aly, F. (2023). Education & Professional Development. Egyptian Journal of Nursing and Health Sciences, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.21608/ejnhs.2023.292136

Andi Achru, P. (2019). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Ariadi, A., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXCELLENT DAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3069

Atnur, W. N., Panjaitan, E. U., Syahraini, S., & Samsir, S. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MAN 1 LABUHANBATU. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.32938/jbe.v7i3.1930

Berek, P. A. L., Sanan, Y. C. U., Fouk, M. F. W. A., Rohi, E. D. F. R., & Orte, C. J. S. (2023). HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1578

Chakraborty, S., Gonzalez-Triana, Y., Mendoza, J., & Galatro, D. (2023). Insights on mapping Industry 4.0 and Education 4.0. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1150190

Damanhuri, T., & Siswadi, G. A. (2023). Pendidikan dan Cita-Cita Masyarakat Demokratis dalam Tinjauan Kritis John Dewey. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3012

Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(1), 17–21. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p17-21

Ibrahim Ibrahim, Muhammad Arkan, Dea Patricia Yuke, & Zulkipli Zulkipli. (2023). Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 174–181. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1555

Latha, R., Rudhran, M., Punyakotti, R. P., & Rishanth, R. R. (2023). A Medical Assisting System Using Augured Reality For Critical Analysis. 2023 International Conference on Computer Communication and Informatics (ICCCI), 1–5. https://doi.org/10.1109/ICCCI56745.2023.10128436

Sastrawan, K. B. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.763

Shuchi, S. (2017). CONVENTIONAL VERSUS MODERN: ROLE OF INFORMATION TECHNOLOGY IN IMPROVING TEACHING PEDAGOGIES. IJASOS- International E-journal of Advances in Social Sciences, 3(8), Article 8. https://doi.org/10.18769/ijasos.336982

Tanjung, Y. I., Wulandari, T., Lufri, L., Mufid, F., Andromeda, A., & Ramadhani, I. (2023). Model dan Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pendidikan IPA: Tinjauan Literatur Sistematis. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.42751

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Shakilla, R. O. (2024). Evaluasi Mutu Tenaga Pendidik: Implementasi, Tantangan dan Solusi Dalam Manajemen Pendidikan di Indonesia. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 115–122. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9308