Evaluasi Mutu Tenaga Pendidik: Implementasi, Tantangan dan Solusi Dalam Manajemen Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9308Keywords:
Evaluasi, Mutu Pendidikan, Implementasi, Tantangan dan SolusiAbstract
Penelitian ini mengevaluasi mutu tenaga pendidik di Indonesia dengan fokus pada implementasi, tantangan, dan solusi dalam manajemen pendidikan. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) untuk menganalisis literatur yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa evaluasi mutu tenaga pendidik dilaksanakan melalui mekanisme Penilaian Kinerja Guru (PKG), Sertifikasi Guru, dan Akreditasi Sekolah. Meskipun berbagai program telah dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas guru, implementasi evaluasi mutu masih menghadapi tantangan signifikan seperti keterbatasan sumber daya, keseragaman standar dan mekanisme evaluasi, beban kerja guru yang tinggi, dan kurangnya budaya evaluasi. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diusulkan peningkatan alokasi anggaran dan dukungan infrastruktur, standarisasi nasional mekanisme evaluasi guru, penataan beban kerja guru, dan peningkatan sosialisasi serta edukasi tentang pentingnya evaluasi. Membangun sistem penghargaan dan insentif untuk hasil evaluasi juga diusulkan untuk menciptakan budaya evaluasi yang kuat dan berkelanjutan. Hasil penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para pembuat kebijakan, pemimpin sekolah, dan pendidik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
A. Aly, F. (2023). Education & Professional Development. Egyptian Journal of Nursing and Health Sciences, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.21608/ejnhs.2023.292136
Abnisa, A. P., & Zubaidi, Z. (2022). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 6–16. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i1.158
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023
Al-faruq, Z. (2023). PERAN PENGGUNAAN DESAIN EVALUASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587
Aly, F. (2023). Education & Professional Development. Egyptian Journal of Nursing and Health Sciences, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.21608/ejnhs.2023.292136
Andi Achru, P. (2019). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Ariadi, A., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXCELLENT DAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/aw.v8i2.3069
Atnur, W. N., Panjaitan, E. U., Syahraini, S., & Samsir, S. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MAN 1 LABUHANBATU. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.32938/jbe.v7i3.1930
Berek, P. A. L., Sanan, Y. C. U., Fouk, M. F. W. A., Rohi, E. D. F. R., & Orte, C. J. S. (2023). HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1578
Chakraborty, S., Gonzalez-Triana, Y., Mendoza, J., & Galatro, D. (2023). Insights on mapping Industry 4.0 and Education 4.0. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1150190
Damanhuri, T., & Siswadi, G. A. (2023). Pendidikan dan Cita-Cita Masyarakat Demokratis dalam Tinjauan Kritis John Dewey. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3012
Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(1), 17–21. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p17-21
Ibrahim Ibrahim, Muhammad Arkan, Dea Patricia Yuke, & Zulkipli Zulkipli. (2023). Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 174–181. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i2.1555
Latha, R., Rudhran, M., Punyakotti, R. P., & Rishanth, R. R. (2023). A Medical Assisting System Using Augured Reality For Critical Analysis. 2023 International Conference on Computer Communication and Informatics (ICCCI), 1–5. https://doi.org/10.1109/ICCCI56745.2023.10128436
Sastrawan, K. B. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategis. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.763
Shuchi, S. (2017). CONVENTIONAL VERSUS MODERN: ROLE OF INFORMATION TECHNOLOGY IN IMPROVING TEACHING PEDAGOGIES. IJASOS- International E-journal of Advances in Social Sciences, 3(8), Article 8. https://doi.org/10.18769/ijasos.336982
Tanjung, Y. I., Wulandari, T., Lufri, L., Mufid, F., Andromeda, A., & Ramadhani, I. (2023). Model dan Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pendidikan IPA: Tinjauan Literatur Sistematis. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.42751
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riska Okty Shakilla

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.