Pengaruh Penggunaan Bahasa Inggris Pada Penamaan Produk dalam Peningkatan Nilai Jual Produk Pada Pelaku UMKM Kuliner Online di Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/neraca.v10i1.8214Keywords:
Bahasa Inggris, Nilai Jual, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan bahasa Inggris dalam penamaan produk terhadap nilai jual produk pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner online di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan metode survei terhadap konsumen UMKM kuliner online di Banjarmasin. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, sementara data sekunder diperoleh dari tinjauan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Inggris dalam penamaan produk oleh UMKM kuliner online di Banjarmasin terbukti memberikan dampak positif terhadap minat konsumen dan penjualan. Namun, untuk mencapai keberhasilan jangka panjang, UMKM perlu mengembangkan strategi branding yang komprehensif dan berkualitas yang mempertimbangkan konteks budaya lokal dan kebutuhan konsumen.
Downloads
References
Ahn, L.-J., Kim, S. and Lee, H. (2019) ‘The Impact of English on Consumer Perception in International Markets’, Journal of Global Marketing, 32(4), pp. 285–303.
Darmalaksana, W. (2020) Jejak Kuliah Online: Metode Penelitian. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Febrian, V., Imaddudin, I. and Athalarik, F.M. (2023) ‘Pengaruh Penamaan Merek Berbahasa Asing Terhadap Citra Merek Number Sixtyone Kota Bekasi Dengan Kognitif Konsumen Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Audience, 6(1), pp. 109–117.
Indra, Y. (2008) Pengaruh Pasar Modern Terhadap Perilaku Berbahasa Masyarakat Kota Padang. Padang: Balai Bahasa Padang.
Keller, K.L. (2003) Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. London, Inggris: Pearson Education.
Kursia, S. and Aziz, A.A. (2021) ‘PKM bagi Pelaku UMKM di Desa Barat Lamongan Kabupaten Selayar Tentang Pemanfaatan Ikan Laut menjadi Pangan Kering dan Bahaya Penggunaan Pengawet dalam Produk Makanan’, VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3), p. 42.
Lee, J.S., Lim, H. and Kim, D. (2016) ‘Brand Trust in the Context of Using English in Non-English-Speaking Countries’, Journal of Brand Management, 23(2), pp. 120–135.
Ningsih, R.P. and Susilawati (2023) ‘Tingkat Kemampuan Literasi Digital Dan Berbahasa Inggris Mahasiswa Di Banjarmasin Untuk Mendukung Berwirausaha Digital’, Neraca (Jurnal Pendidikan Ekonomi) [Preprint].
Nirwan, Semmaila, B. and Aminuddin (2021) ‘Peran Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran Dan Kemiskinan Di Kota Palopo’, Tata Kelola, 8(1), pp. 105–120.
Park, J.K. and Lee, T.M. (2009) ‘The Effect of Language on Consumer Perceptions of Brand’, International Journal of Research in Marketing, 26(1), pp. 20–28.
Stefani and Maupa, H. (2023) ‘Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk sanitary merek {Onda}’, Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 7(2), pp. 318–328.
Sung, Y. and Tinkham, S.F. (2005) ‘Brand Personality Structures in the United States and Korea: Common and Culture-Specific Factors’, Journal of Consumer Psychology, 15(4), pp. 334–350.
Zhang, S., Li, X. and Wang, W. (2014) ‘The Competitive Advantage of English Brand Names in Non-English-Speaking Countries’, Journal of International Business Studies, 45(9), pp. 1092–1107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Pitria Ningsih, Muhammad Hasbi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.