The Effectiveness of Video Learning Media on Clinical Laboratory Tools: A Comparative Study and Impact on Slow Learners
The Effectiveness of Video Learning Media on Clinical Laboratory Tools: A Comparative Study and Impact on Slow Learners
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i1.9199Keywords:
Keywords: Effectiveness, Educational Videos, Slow LearnersAbstract
Mahasiswa berkebutuhan khusus di jenjang pendidikan tinggi sering kali menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses materi pembelajaran. Siswa dengan kondisi khusus, khususnya siswa yang lamban belajar, sering kali mengalami kesulitan dalam memproses dan memahami materi pembelajaran yang kompleks secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas video edukasi tentang peralatan laboratorium bagi siswa yang lamban belajar. Penelitian ini melibatkan 59 siswa dari kelompok yang sama, dibagi menjadi dua kelas: Kelas A sebagai kelompok perlakuan dan Kelas B sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, yang menggabungkan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai saluran: observasi kelas, wawancara siswa, penyaringan IPK, dan tes IQ untuk mengidentifikasi siswa yang lamban belajar. Tes awal dan tes akhir diberikan untuk menilai hasil pembelajaran setelah penerapan video pendidikan berbasis animasi atau multimedia, dengan hasil yang dianalisis melalui uji statistik. Temuan tersebut menunjukkan efektivitas video edukasi dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Metodologi penelitian menggabungkan unsur eksperimental dan observasi, dengan perhatian cermat pada pemilihan partisipan dan penilaian protokol. Penggunaan kelompok kontrol (Kelas B) memberikan dasar persaingan untuk menyiarkan efektivitas intervensi, sementara pendekatan metode campuran memungkinkan pengukuran kuantitatif hasil pembelajaran dan pemahaman kualitatif pengalaman siswa. Analisis statistik hasil pra-tes dan pasca-tes memberikan bukti empiris tentang dampak intervensi terhadap kinerja pembelajaran siswa.
Downloads
References
Ainscow, M., & Sandill, A. (2010). Creating the conditions for inclusive education. Disability & Society, 25(7), 1-15.
Damayanti, D & Nuzuli A.K. (2023). Evaluation Of The Effectiveness Of The Use Of Communication Technology In Teaching Traditional Educational Methods In Elementary Schools. Journal Scientech, 5(1), 208-219
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge handbook of multimedia learning. Cambridge University Press.
Moreno, R., & Mayer, R. E. (2007). Interactive multimodal learning environments. Educational Psychologist, 42(4), 207-218.
Sari, D. R., & Sari, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Anak Lambat Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 112-120.
Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principles of Instructional Design (4th ed.). Wadsworth Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fera Sartika, Nurul Qamariah, Chandra Anugrah Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.