SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: APPLICATION OF THE PBL MODEL TO SCIENCE LEARNING IN PRIMARY SCHOOLS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i1.9109

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, IPA, Tinjauan Pustaka Sistematis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis hasil beberapa studi primer tentang pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam sains. Systematic literature review (SLR) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini, melalui pencarian di database Google Scholar dari tahun 2019 hingga 2023 dan buku, menghasilkan 16 artikel jurnal dan 3 buku utama yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Setiap artikel dicatat kemudian diklasifikasikan berdasarkan judul, tahun studi, tingkat pendidikan, dan jenis penelitian untuk dianalisis satu per satu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA, membangun kemampuan analisis, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Dari artikel-artikel tersebut menyatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning memberikan hasil/pengaruh yang baik serta positif dan baik bagi pembelajaran IPA di sekolah dasar. Model Probem Based Learning juga membantu siswa mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam tim. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Selain itu, model Problem Based Learning juga membantu guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus.w.s. Maria.a.a. Marciana.s. 2022. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Kelas V SD Negeri SUDIMORO. Jurnal inovasi keguruan dan ilmu pendidikan. 2(1).

Anugrahana, A. ., & Yan Ariyanti, P. B. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pemahaman Sifat-Sifat Cahaya Pada Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1):2569–2574.

Febiani Musyadad, V. ., Supriatna, A. ., & Mulyati Parsa, S. . (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1):1–13.

Halimah Dwi Cahyani, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, Albertus Saptoro. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (03).

H. Hamzah B. Uno. 2018. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Halimah, S., Usman, H., & Maryam, S. (2023). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6):403-413.

Iswara, S. N. W., Wahyudi, & Kusuma, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 3 Subtema 2 dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2):88–396.

Jaiz Usman Suhandi. (2023). Peningkatan Pemahaman Belajar IPA Tentang Revolusi Bumi dan Bulan Dengan Model PBL Kelas VI SDN DADAPREJO 01 KOTA BARU. Jurnal Pendidikan,2(2).

Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4):1460-1467.

Muhsam, J., & Muh, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Invasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1):11–17.

Noviati, W. (2023). Model Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan,7(2):19-27.

Nurmasari, I. (2023). Penerapan Model Problem-based Learning Berbantu Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jejak Pembelajaran: Jurnal Pengembangan Pendidikan, 7(3).

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara

Ramadhani, H. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA Tentang Siklus Air Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kalam Cendekia:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Romadhoni, K., Hasanah, K., & Adi, P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Siklus Air Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1):3790-3803.

Rosidah, V. K., Ekowati, D. W., & Astutik, P. P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Permainan Board Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Purwantoro 1 Kota Malang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2):480-488.

Suharsimi A., Suhardjono, Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2):127–133.

Watie, R. H., Riskawati, R., & Baharuddin , H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif IPA Siswa Pada Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1):1–8.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Rahmaniati, R., Erlina, & Novia Rahmadini. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: APPLICATION OF THE PBL MODEL TO SCIENCE LEARNING IN PRIMARY SCHOOLS. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 10(1), 75–82. https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i1.9109