DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED INTERACTIVE E-MODULE AS A LEARNING RESOURCE FOR STUDENTS IN INFORMATICS SUBJECTS IN CLASS X MA AL-HUDA, GORONTALO CITY
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i1.8153Keywords:
pendidikan, e-modul, sumber belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan yakni kurangnya aktivitas siswa dan keterbatasan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran, lebih sering mengandalkan buku panduan dan presentasi PowerPoint . Kurangnya variasi metode pembelajaran ini mengakibatkan siswa merasa bosan, kurang tertarik pada materi, dan akibatnya, partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran menjadi minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk berupa e-modul yang dikembangkan dan meguji kelayakan produk pada ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis , Design , Development , Implementation dan Evaluation . Pengembangan e-modul interaktif berbasis android telah melibatkan tahap-tahap pengembangan, termasuk validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi menunjukkan kelayakan presentasi 93% dengan kategori “sangat layak” dan ahli media menunjukkan kelayakan presentasi 91% dengan kategori “sangat layak” serta uji coba yang dilakukan terhadap 21 siswa Ma Alhuda Kota Gorontalo dari hasil responden terhadap e-modul ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata sebesar 88% dengan kategori “sangat layak”
Downloads
References
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan peran dari guru dalam kurikulum merdeka belajar. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1):40–50.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.
Fatimah, N. (2021). Mudahnya membuat e-modul menggunakan aplikasi canva. BPMP Jakarta. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/mudahnya-membuat-e-modul-menggunakan-aplikasi-canva/
Febrista, D. & Efrizon. (2021). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas xi teknik audio vidio. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 9(3):102-110.
Firdaus, I. (2021). Validitas modul interaktif berbasis android pada siswa kelas vii smp negeri 2 sungayang. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Hadji, R., Mulyanto, A., dan Rohandi, M. (2023). Meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar menggunakan modul digital interaktif. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1):73–79.
Husein, W. M. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan teknologi informasi di mi miftahul ulum bago pasirian warda. Jurnal PETISI, 3(1):20–28.
Khasanah, U. (2022). Pengertian adobe animate, kekurangan dan kelebihannya yang wajib diketahui!. MyEduSolve. https://myedusolve.com/blog/pengertian-adobe-animate-kekurangan-dan-kelebihannya-yang-wajib-diketahui
Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan e-modul ipa bermuatan tes online untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Technology, 4(1):73–79.
Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android menggunakan sigil software pada materi listrik dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 926–932.
Ma’thuf, Hidayat, S., & Asmawati, L. (2023). Pengembangan e-modul berbasis mobile learning pada materi pelajaran sistem regulasi manusia mata pelajaran biologi sma kelas xi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2):167–182.
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul elektronik: prosedur penyusunan dan aplikasinya. Medan. Yayasan Kita Menulis.
Pramono, K. H. (2022). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pada matakuliah metode penelitian teater menggunakan model r&d. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater dan Sinema, 19(1):9–16.
Purwanti, E., Angin, R. Z. P., Palupi, G., & Rianingsih, D. (2020). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan abad 21. Malang. Kota Tua.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4):6313–6319.
Riansyah, F., Lestari, N. D., & Rachmawati, D. W. (2023). Aplikasi zoom di smk swakarya palembang. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3):119–133.
Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1):1–14.
Rokhayatun, T. S., Jatilinuar, S. R. K., Widyastuti, I., & Prasanaya, farid A. (2023). Perancangan e-modul interaktif berbasis. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 8(1):14–26.
Salim, I. U. (2021). Pengembangan e-modul sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran desain grafis. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran teknologi dalam dalam pembelajaran. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1):123–133.
Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan modul elektronik (e-module) biokimia pada materi metabolisme lipid menggunakan flip pdf professional. JTK : Jurnal Tadris Kimiya, 4(1):48–56.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV Alfabeta.
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan kurikulum revisi 2013 di masa pandem pada smk ibs tathmainul qullub indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1):118–126.
Undang-Undang RI. (2003). Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1):2896–2910.
Wijaya, R. F. (2022). Buku Ajar: Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Dengan Adobe Flash Professional Cs 6. In Angewandte Chemie International Edition. Medan. TAHTA MEDIA GROUP.
Wiwiwta, R., & Handayani, R. (2022). Model dan implementasi e-modul interaktif berbasis android pada pembelajaran perangkat keras. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2):280–289.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2):139–144.
Yulianto, P. (2023). Falsafah Gorontalo dalam Bersosial Media. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara; KEMENTRIAN KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-gorontalo/baca-artikel/15832/Falsafah-Gorontalo-dalam-Bersosial-Media.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohamad Gufran Tuloli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.