Konsep Pendidikanagama Islam Di Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (Pkum) Di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Baiturrahman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Firdan Dwi Setiawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Keywords:

Pendidikan Islam, Kader Ulama Muhammadiyah, PKUM

Abstract

Pendidikan agama Islam pada dasarnya menjadi bekal bagi seorang ulama untuk menyampaikan ajaran Islam dengan bijak, ulama secara umum lahir melalui pengkaderan. Usaha dalam mewujudkan pengkaderan ulama juga dilakukan oleh Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) UMPR. Tujuan dibentuknya PKUM adalah membentuk peserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, yang beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian kualitatif deskripstif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan agama Islam yang terjadi pada lembaga PKUM (Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah) di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Subjek penelitian adalah pembina asrama, dan informan berjumlah 2 orang yaitu mahasantri putra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terbagi menjadi 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Konsep Pendidikan Islam di Pendidikan Kader Ulama Muhammadiyah (PKUM) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya merpakan rentetan upaya pembimbingan dan pembinaan kepada setiap calon kader ulama untuk menjadi muslim lebih baik dan mampu berkembang, sesuai nafas dan ajaran agama yang murni dengan kegiatan akademik dan non akademik. Konsep pendidkan Agama Islam ini memiliki beberapa hambatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Baiturrahman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Firdan Dwi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2024-12-25