Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autism Spectrum Disorder) Di SMP IT Sahabat Alam

Authors

  • Haady Suratma Citra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rihadatul Aisyi Susanto susanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Destiani Tri Z Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Adelia Nurul Siyam Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Keywords:

Pendidikan Karakter , Autism Spectrum Disorder

Abstract

Pentingnya menanamkan pendidikan karakter religius, mandiri dan disiplin kepada siswa ABK khususnya dengan diagnosa Autism Spectrum Disorder (ASD) yang pada dasarnya memiliki latar belakang berbeda dengan anak-anak biasa pada sebuah lembaga pendidikan, khususnya sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kepada siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) di SMP IT Sahabat Alam dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam Nilai-nilai pendidikan karakter pada Autism Spectrum Disorder (ASD) di SMP IT Sahabat Alam.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah Nilai-nilai pendidikan karakter Pada Autism Spectrum Disorder (ASD). Sedangkan subjek penelitian adalah guru damping, sedangkan yang menjadi informan adalah kepala sekolah. Hasil dari penelitian ini diperoleh yakni: Pertama, Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan kepada siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) di SMP IT Sahabat Alam yaitu siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) di SMP IT Sahabat Alam  guru damping sudah dapat menanamkan karakter religius, mandiri dan disiplin, cara guru damping dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada  siswa ASD dengan membiasakan dan mengingatkan siswa ASD untuk melakukan kegiatan keseharian dan aturan sekolah dengan tertib. Dalam penanaman karakter religius, pihak sekolah melibatkan siswa ASD dalam mengikuti Pelaksanaan Hari Besar Islam, melakukan sholat dhuha sebelum masuk kelas, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran. Dalam menumbuhkan karakter mandiri siswa ASD, mereka dibiasakan mengerjakan tugas sendiri di bawah pengawasan guru pendamping dan siswa ASD mengikuti kegiatan umum seperti pelepasan. Dalam penanaman karakter disiplin siswa ASD dibiasakan mengikuti peraturan sekolah dan masuk kelas setiap hari. Kedua, faktor yang menghambat dalam Nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa ASD pada SMPIT Sahabat Alam yaitu siswa ASD memiliki sifat panik dan ketakutan sehingga perlu bimbingan yang intensif dengan mengulang pemahamannya, sedangkan faktor pendukung dari siswa ASD ini adalah mampu mengikuti perintah dari guru damping walaupun perlu pengulangan dalam membiasakannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Haady Suratma Citra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Destiani Tri Z, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Adelia Nurul Siyam, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Downloads

Published

2024-12-25